Langsung ke konten utama

stres dan cara mengatasinya

Akhir –akhir ini, semua orang mengatakan kalau mereka sangat stress. Kata tersebut sudah tidak asing lagi terucap dikhalayak ramai, bahkan sampai pada tingkat kaum pelajar. Berikut adalah salah satu contoh kronologisnya yang saya angkat dari kehidupan keseharian yang terjaring dalam pengamatan saya sejak awal 2016:
Sebut saja Nama mereka si Lem dan si Pap yang sedang menikmati kopi di warkop pada suatu malam:
Lem: hai trep ka hana deuh keuh, ho kajak ile lawet nyoe, pu ka jaya keuh? Kapakat long hai.
Pap; pane, kakira aju sep brat meu Apam kalinyoe.
Lem: paken meunan teuman? Aci ka cerita ile bacut, hehe, kadang na solusi bak long.
Pap; pu payah ku cerita teuman,,!!! ken kaleuh kakalen keudroekeuh kiban long lawetnyoe, jinoe ho yang tajak han pah, pu yang tapeuget han maju, ka kira aju sep brat henk ulee kuh hai lem…
Lem: (dlm hatinya “sabe mengeluh di apa nyoe”dan spontan dia merespon kawannya itu) nyan butoi, sebenarjih, ilong sama cit lagee droekeuh, sapu tan pah, la eh that jinoe.
Pap: hahaha ikah pajan teuman yang bereh, acit sabe henk. (dlm hatinya “rupajih na yang leubeh parah lom, kupike long manteng hai”)
Lem: nyan ban ikah, bunoe ka curhat bak long, nyoe ka kakheun keu long, padahai ikah pih saban cit,  eee hai pap….
Pap: eee hai lem, jeut chit hai. Boeh ka hai, jak tawoe, singeh tapike lom, acit tanyoe sabe henk.
Lem: bit cit ikah, nyoe payah ta boeh nan, henk club alias klup apa tepeh ule.

Henk, stress, hana pah ulee, dan beragam wujud lainnya sudah mem-booming dikalangan masyarakat sekarang ini. Pernahkah kita membayangkan atau berfikir sejenak tentang apa itu stress dan mengapa bisa stress? Bek hana meupat – pat ka stress, ujeun tan, reudoek han ka hana pah ule. Pu hom…!! Watee ta tanyeng “ adek paken lesu that meunan?. Watee ijaweub “ adek stress bang”. Paken adek stress? Cowok adek jak jalan – jalan ngen cewek laen, jadi adek galau bang. Nyan nyan ban tipe stress, teuman eek jeut tapakek? Pike keudroelah maseng – maseng!, haha

Secara sederhana STRES bisa diartikan dengan “ memburuknya keadaan emosi dan fisik dalam hidup anda”. Dan stress bisa diartikan sebagai feedback organ tubuh anda terhadap hidup itu sendiri. Dan tak bisa dipungkiri pada umumnya stress timbul kerana hal – hal kecil yang tidak terorganisir oleh kerja otak anda. Contohnya: ada sesuatu  hal yang anda kerjakan tetapi tidak berjalan sesuai dengan yang anda harapkan.

Dan stress bisa juga timbul kerana perasaan yang tidak puas dengan hal yang anda alami sekarang; dapat teguran dari atasan anda, beban kerja, tugas kuliah menumpuk, dan kurangnya manajemen waktu dalam hidup anda sehingga hal tersebut berdampak pada pola pikir dan momen yang anda jalani saat bersamaan, hari ini, bahkan bisa berkelanjutan.

Jadi mulai hari ini, dan mulailah sekarang juga. Hindari stress. Hiduplah dengan ikhlas, kerjakan sesuatu dengan ikhlas, senyumlah dengan ikhlas sehingga rasa nyaman dan bahagia menyertai kehidupan anda. Berikut beberapa cara agar stress kagak betah hidup dengan anda:

1.    Awali sesuatu pekerjaan dengan Bismillah,.

Serahkan semua pada YME. Kita hanya berusaha dengan daya dan upaya yang Dia berikan, masalah hasil, ya semua ada pada-Nya

2.    Kenali siapa dan apa tugas anda,.

Ya begitullah kira – kira. Kalau pepatah aceh mengatakan “put the right thing on the right place”. Hehe, jadi dalam hal ini kita harus mengerti dan memahami akan fungsi, tugas atau jabatan kita. Baik itu dalam lingkup masyarakat, perkuliahan bahkan lingkup perkantoran. Jangan sampai jadi USTAB_UTDU “urusan sendiri tidak beres_urusan tetangga diurusin. Nyan bek sagai – sagai..!!!. jika kita selaku mahasiswa maka jangan pernah bertingkah layaknya dosen bahkan atur dosen, pokokjih bek salah kaprah lah! Hehe. Ingat pepatah diatas kawan. Jika anda sama – sama karyawan jangan sok – sok-an jadi boss. Dan bek cit itanyoe warga itanyoe pih geuchik. Nyan bek!, karena ujong2 jih mumang droe eunteuk. Pasti manteng tingat saboeh ungkapan? “tajak beulaku linggang dan ta pinggang beulaku ija,,,,dst”. Nyan keuh meunan amanah di ureung Tuha. Jadi mulai saat ini juga hiduplah dengan hidup anda – jangan hidup dengan hidup orang lain. Selesaikan dulu urusan/tugas sendiri, setelah semua selesia baru deh tolongin orang lain “weiiiiitt, ingat jangan USTABUTDU ya!!!”.

3.    Hindari kebiasaan curhat dan jika itu hobi anda maka kurangilah sedikit demi sedikit demi hidup yang lebih baik. Be better!

Sering lho kita dengar di media social (facebook, twitter, BBM dll), Tv dan bahkan langsung dimulut pembicaranya “beib, aku butuh tempat curhat ni, bantuin gua donk beib!”dan lain sebagainya. Tanpa kita sadari, awalnya curhat itu sih biasa – biasa saja, tapi pada akhirnya bisa berdampak negative juga bagi hidup anda sendiri. Contohnya anda pernah curhat (cerita) semua tentang kehidupan anda kepada seseorang yang anda anggap dia atau mereka itu bisa jadi teman curhat yang baik buat anda. Namun pada suatu saat mereka bisa saja membongkar isi curhat anda kepada yang lain, apakah disitu pengalaman pahit anda, kisah percintaan anda maupun aib anda. Bisa lucu kan ujungnya nanti? dan hal itu bisa jadi salah satu penyebab anda stress kerana ketidaknyamanan anda atas perbuatan teman curhat anda yang disebabkan oleh hobi anda yang satu ini.

Naaaah, bukankah kita hanya harus mengadu kepada-Nya saja? Sudah lupakah kita tentang semua yang baik dan yang buruk itu telah diatur oleh-Nya?. Ayoooo hati – hati lho, jangan sampai rukun iman yang ke-6 anda rusak gara2 perasaan dan hal sekecil itu. Keep smile!! Hehe

4.    Cobalah untuk tidak mengeluh dan tidak membandingkan apa yang kita miliki saat sekarang ini dengan apa yang mereka miliki!

Nyaaaaan, sang cit that seureeng ta deunge bak radio meu-igoe “jeh, aneuk manyak baroesa ka ek jibloe honda, idroekuh yang ka useung meu itangen tuha tan na”. haahaha, ayoooo ngaku aju yang seureng peugah lagee nyan. Haha.
Paken aneukmit nyan ek jibloe Honda ataupun moto beko, mungken ijih teuga ji usaha, panyang ijak ikula dan bagah Geuteurimoeng doa le YME. Jadi bek goyang, bek gundah dan bek putoh asa. Yakin bak saboh uroe akan Geubri giliran keu tanyoe cit le Allah. Cuma mamandum nyan teugantung bak droe-teuh cit, bek usaha manteng, doa ka tan ataupun doa manteng tapi tan usaha. Ibarat jih “ya ghani ya ghani neu bri peng saboeh guni” nyan geutik teuk peng grik, rubah teuh han?!!!. Hahaha. Bek pakek motto “kuwah beu leumak ue bek teuplah”alias peng beuna usaha bek payah. Pane na cara peng beuna tapi usaha tan. Jadi mulailah saat ini juga, intropeksi diri, hduplah dengan jujur, berusaha semampu mungkin, jangan lupa berdoa, dan hindarilah hal – hal yang bisa membuat otak anda terganggu, apakah itu stress dan sebagainya.



5.    Jangan jadi pribadi yang bingung.

Naaah, jangan salah artikan lhooo. Bingung disini diartikan sebagai tidak tahu mau buat apa dalam keseharian sehingga anda mudah terjangkit penyakit stress. Berbicara tentang pekerjaan atau hal yang kita kerjakan, kita sering bingung, khususnya disaat hari libur atau bagi yang masih belum punya job. Apa yang harus saya lakukan ya? Keluar rumah ngga ya? Ah ke pasar aja lah, ah ngga jadi lah, mendingan tidur aja,,,,selang beberapa saat terbisik dalam hati “sepertinya mereka pada ngumpul ni di cafe, kesana aja deh”.

Hahaha, jangan bohong lho, seringkan seperti itu?. hal itu disebabkan karena anda masih tergolong pribadi yang bingung; bingung mahu ngerjain apa, bingung mahu kemana dan bahkan bingung sendiri harus bagaimana. Maka cobalah sedikit berfikir positif, lihat dan amatilah hal – hal disekitar anda secara positif. Lakukan apa saja dan jangan sampai diri anda merasa bingung sendiri tidak tahu mahu ngerjain apa. Ya tentunya lakuin hal – hal yang bermanfaat donk! Hehe. Bisa dengan mebaca buku, membantu mereka (khususnya keluarga anda), jogging, membersihkan halaman rumah dan banyak lagi yang semua itu tergolong kedalam hal yang bermanfaat. Jadi mulai sekarang, JANGAN JADI PRIBADI YANG BINGUNG

6.    Bersyukurlah atas hidup anda saat ini dan jadilah pribadi yang bahagia.

Syukur atau Bersyukur adalah hal kecil yang sering bahkan hampir luput dari jangkauan hati dan persepsi kehidupan manusia di jaman sekarang ini. Bersyukur memang diartikan sebagai rasa terimakasih atas apa yang kita miliki. Tapi tidak juga dengan selalu ngucapin “terimakasih, terimakasih, terimakasih dan terimakasih’lhooo. Itu saja belum sempurna syukurnya. Lihat dan pahamilah apa yang ada pada diri anda saat ini maka pergunakanlah sebaik mungkin dijalan yang baik pula, menjaga kelestarian alam serta lingkungan, menghormati dan membantu mereka yang lebih tua, menghargai dan menyayangi yang lebih muda, dan banyak lagi hal – hal yang bisa menyempurnakan rasa syukur anda terhadap nikmat-Nya. Dengan hal itu hidup anda jadi ringan bebas beban dan hambatan sehinggga diri anda dan BAHAGIA selalu berdampingan, selamat sentosa sampai akhir hayat. Ayooo KEEP SMILE BROO
Wassalam…





Sekian dari penulis
Salam mewah
Moectarcasanova



                                                      

Komentar

Postingan populer dari blog ini

postwedding of wulan

wedding/prewedding in Nibong, Aceh Utara, Indonesia

Tips menguasai bahasa inggris dengan mudah

Dizaman yang serba canggih saat sekarang ini, kita tak dapat memungkiri akan pentingnya mampu berbahasa inggris atau yang disebut juga bahasa internasional. Kita sebagai masyarakat dunia terus dituntut untuk mampu bersaing positif dalam meningkatkan kesejahteraan hidup dalam tingkat lokal, nasional maupun internasional. Maka dalam hal ini bahasa inggris menjadi salah satu alat penunjang yang harus dikuasai oleh seluruh elemen masyarakat, baik dikalangan biasa, pelajar, mahasiswa maupun kalangan para pejabat agar bisa berinteraksi maupun berbisnis di kancah internasinal. Oleh karena itu, melalui artikel yang sederhana ini, penulis mencoba berbagi beberapa tips agar pembaca dengan mudah mampu menguasainya. Tips belajar bahasa inggris dengan cepat dan mudah, diantaranya: 1.        Be confident ( percaya diri) Percaya diri adalah suatu modal yang harus kita miliki dalam menjalani kehidupan bermasyarakat. Kita harus yakin dan percaya akan kemampuan yang kita miliki, sama halnya kita